Banyak Warga Sidoarjo Tak Dapat Layanan Kesehatan

Jaminan Kesehatan Masyarkat Miskin (1)Sidoarjo, Bhirawa
Di Kab Sidoarjo masih ada rumah tangga miskin yang belum menerima pelayanan kesehatan gratis. Padahal ada 401.819 jiwa rumah tangga miskin sudah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pusat, maupun Jamkesda Provinsi Jatim yang berjumlah 36.422 jiwa.
Menurut Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, melalui Jaminan Kesehatan Masyarkat Miskin (JKMM),
rumah tangga miskin yang tidak terpenuhi oleh program JKN pusat maupun Jamkesda Provinsi Jatim dapat dicukupi melalui APBD Kab Sidoarjo.
”Karena itu, saya menghimbau kepada seluruh SKPD pelaksana program JKMM di Sidoarjo, untuk dapat melaksanakan secara maksimal dan profesional agar manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat miskin di Kab Sidoarjo,” ujarnya saat membuka sosialisasi program JKMM kepada SKPD di  Sidoarjo, kecamatan, anggota DPRD, fasilitator kesehatan dan para pendamping program penanggulangan kemiskinan, Rabu (22/10) kemarin di Sun Hotel.
Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Ir Sulaksonon mengatakan, dari jumlah kepesertaan JKN maupun Jamkesda, sudah 400 ribu lebih masyarakat miskin di Sidoarjo yang terdaftar. Belum lagi masyarakat miskin yang masuk Program Keluarga Harapan (PKH) maupun masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS ) terdaftar sebagai peserta Jamkesmas.
Sehingga Sulaksono sangat berharap program JKMM ini akan bisa menjadi salah satu trobosan baru lagi bagi pemenuhan kesehatan masyarakat miskin di Kab Sidoarjo. [ali]

Tags: