363 Gedung SD Di Jombang Rusak Berat

sdn jembulJombang, Bhirawa
Sebanyak 363 gedung Sekolah Dasar di kabupaten Jombang kondiisinya memprihatinkan karena mengalami rusak berat. Padahal, Dinas pendidikan setempat setiap tahunnya telah mengucurkan anggaran puluhan miliar anggaran untuk rehab.
” Untuk tahun ini saja, anggaran rehab gedung SD sebesar Rp 14 miliar lebih, dan untuk SMP sekitar 7 miliar,”ungkap Ahmad Rofiq Kabid Perencanaan Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Rabu (8/10) mengatakan.
Kucuran dana perbaikan gedung itu, lanjut Rofiq merupakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan juga dana pendamping dari APBD kabupaten. ” Untuk menyelesaikan perbaikan itu, tidak bisa diselesaikan satu tahun. Akan tetapi direncakan bertahab hingga tahun 2017 mendatang,”tandasnya.
Rofiq menambahkan, kondisi gedung atau ruang dikatakan rusak berat dikatakannya jika kerusakan itu telah mencapai 45 persen hingga 65 persen dari kondisi seluruh ruangan. Sedangkan untuk rusak ringan jika kondisi bangunan 30 persen.” Sedangkan masuk kategori rusak sedang kondisinya 30 hingga 45 persen dan masuk kategori rusak total jika kondisi gedung 65 persen telah rusak,”imbuhnya.
Disamping 363 ruang atau gedung SD yang mengalami rusak berat, Rofiq mengungkapkan masih ada sebanyak 242 gedung yang masuk kategori mengalami rusak ringan. “Jadi total yang rusak itu sebanyak 606 dan sekrang baru dilakukan rehab sebanayk 26 gedung,”pungkasnya.
Masih menurut Rofiq, kerusakan gedung sekolah tidak hanya dialami ruang belajar SD, akan tetapi juga terjadi pada gedung SMP. ” Ada sebanyak 40 gedung yang rusak. Dengan rincian, 18 akan dibangun ruang kelas baru (RKB) dan sisanya 22 rehab,”pungkasnya. [rur]

Rate this article!
Tags: