20 Mahasiswa Jatim Dapat Beasiswa dari Konjen Jepang

27-foto mahasiswa di Jatim dapat beasiswa dari Konjen Jepang (1)Surabaya, Bhirawa
East Java Japan Club (EJJC) bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya berikan beasiswa untuk mahasiswa di Jawa Timur, Minggu (26/10). Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi mahasiswa-mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Jepang.
Ketua East Java Japan Club (EJJC), Akio Nishi mengatakan, melalui pemberian beasiswa pada Mahasiswa ini diharapkan semakin semangat untuk melanjutkan belajar bahasa Jepang serta menguatkan ikatan antara komunitas Jepang dan pembelajar bahasa Jepang di Indonesia, khususnya di wilayah Jatim.
” Mulai tahun 94 kami sudah memberikan beasiswa pada mahasiswa di Jatim. Dan ini yang ke-21, dengan kriteria mahasiswa unggul dan nilai akademik yang baik,” kata Nishi yang juga menjabat Direktur Ajinomoto.
Sebenarnya, masih kata Nishi, ini bentuk kerjasama tingkat pemerintah antara Jepang dengan Indonesia. sampai tahun 2020 mendatang, pihaknya akan mengirim guru sebanyak 1950 orang dan rencana akan mendukung mengajar bahasa Jepang. Selain beasiswa, juga ada lomba pidato dengan menggunakan bahasa jepang se Indonesia.
” Dan di Jatim sendiri ada yang menang lomba pidato tersebut, jika ada yang lulus kami juga akan berikat tiket pergi pulang (PP) ke Jepang,” imbuhnya.
Menurut Veronica Line H, Consulate General of Japan at Surabaya, EJJC merupakan sebuah organisasi perkumpulan Ekspatriat Jepang di Jawa Timur yang memperingati ultahnya yang ke 60 tahun. Beasiswa yang dibagikan meliputi kategori A dengan jumlah beasiswa sebesar Rp 3,4 juta pertahun dan kategori B dengan jumlah beasiswa sebesar Rp 1,7 juta.
” Beasiswa tersebut diberikan oleh EJJC kepada dua puluh mahasiswa mahasiswi yang berprestasi baik, dari Jurusan bahasa Jepang berasal dari lima Perguruan Tinggi di Jawa Timur,” katanya.
Mereka masing masing berasal dari Universitas Negeri Surabaya (5 orang), Universitas Dr.Soetomo (5 orang), Universitas Brawijaya (5 orang), Universitas Airlangga (3 orang) dan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (2 orang).  Penerima beasiswa EJJC ini mencapai 400 orang pada tahun ini.
Selain itu, Konsulat Jendral Jepang di Surabaya, Drs Noboru Nomura juga mengatakan, mahasiswa yang mendapat bantuan beasiswa ini bisa berperan aktif menjembatani Indonesia dengan Jepang. Pihaknya akan berusaha sebanyak mungkin untuk membantu studi mahasiswa kedepan.
” Proses penyeleksian mahasiswa yang mendapat bantuan beasiswa ini melalui beberapa seleksi yang sangat ketat baik dari kampusnya masing-masing dan juga dari pihak kami. Walaupun beasiswa ini sedikit tapi bisa dioptimalkan sebaik mungkin,” harapnya.
Hafish Hafrildo mahasiswa Unesa semester 7 Fakultas Bahasa dan Seni yang mendapatkan beasiswa Kategori A ini merasa bangga dan tidak menyangka akan mendapatkan beasiswa tersebut. dirinya berjanji setelah mendapatkan bantuan ini akan diinfaqkan beberapa hasilnya dan dibuat biaya skripsi.
” Ini baru pertama kali mendapat beasiswa pendidikan dari Konjen Jepang. Saya akan menekuni bahasa Jepang ini untuk mencari pekerjaan kedepannya. Saya ingin nantinya kerja di perusahaan di Jepang karena bekal dalam komunikasi sudah ada,” terangnya pada Bhirawa yang didampingi kedua orang tuanya asal gresik ini. (geh)

Keterangan Foto : Tingkatkan Motivasi, 20 Mahasiswa Jatim Dapat Beasiswa dari Konjen Jepang.

Tags: