1.314 Peserta Rebutkan 32 Formasi CPNS

7-foto B dar-Herry SupramonoKab Madiun, Bhirawa
Setelah sempat molor dari dari jadwal semula, mulai Selasa (14/10), Pemkab Madiun, akan resmi menggelar tes masuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Seleksi ini akan diselenggarakan secara online selama lima hari berturut-turut.
“Panitia seleksi lokal sudah menerima pemberitahuan bahwa tes akan dilaksanakan mulai Selasa besok,” terang Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah dan Pendidikan dan Pelatihan (BKD dan PP) Kabupaten Madiun, Bahari, kepada wartawan, Minggu (12/10).
Menurut Bahari, tes CPNS tahun 2014, memang sempat mundur dari jadwal semula yang direncanakan pada akhir September lalu. Mundurnya jadwal ini, karena menunggu berbagai persiapan dan surat pemberitahuan dari Kementerian Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi soal waktu pelaksanaan seleksi tersebut.
Sementara itu, sesuai data BKD, jumlah peserta yang akan mengikuti tes seleksi tersebut sebanyak 1.314 orang. Mereka merupakan pendaftar yang telah dinyatakan memenuhi syarat (MS) secara administratif atau kelengkapan berkasnya.
Para peserta tes CPNS ini akan memberebutkan jatah formasi CPNS sebanyak 32 kursi dari Menpan RB . Formasi CPNS tersebut meliputi tenaga guru, kesehatan dan tenaga teknis. Rinciannya, tenaga guru sebanyak 13 formasi, tenaga kesehatan sebanyak empat formasi dan tenaga teknis sebanyak 15 formasi.
Pada masa pendaftaran CPNS lalu, jumlah berkas yang masuk ke BKD Kabupaten Madiun mencapai 2.704 berkas. Dari jumlah tersebut yang lolos seleksi sebanyak 1.314 berkas, sedangkan sisanya sebanyak 1.390 berkas, dinyatakan tidak lolos.
Pendaftar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) tersebut teganjal berbagai alasan. Di antaranya adalah nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) yang kurang dari standar ketentuan Kementerian Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
Alasan lain adalah bidang kesarjanaan pendaftar tidak sesuai formasi, tidak mencantumkan nomor registrasi dan berkas yang tidak lengkap karena hanya dikirim melalui internet tanpa dikirim ulang berkas fisiknya. Terpisah, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Madiun, Drs. Herry Supramono, mengatakan, seleksi CPNSD akan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Wonoasri.
Alasannya, karena sekolah tersebut dinilai memiliki peralatan yang mendukung kelancaran tes. “Tes nanti akan menggunakan sebanyak 100 unit komputer. Sebanyak 90 komputer akan digunakan untuk jalannya tes, sedangkan 10 unit lainnya untuk  cadangan,” terang Herry.
Sedangkan pelaksanaan tes adalah lima hari. Yakn mulai Selasa hingga Sabtu. Tes akan dimulai pada jam 8.00 pagi, kecuali Jumat yang akan dimulai pukul 07.00 hingga selesai. Setiap hari akan digelar tiga shift atau tiga giliran. Satu kali gigilran lamanya sekitar dua jam. “Ini nanti pakai tes CAT (Computer Assisted Test) yang soalnya akan muncul secara online. Satu peserta dengan peserta lain tidak bisa saling contek. Karena soalnya berbeda-beda dan diacak oleh sistem,” tambah Herry.
Terkait kesiapan lokasi dan operator, imbuh Herry, seluruhnya sudah siap. Sebab persiapan telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Mulai menyiapkan perangkat keras, ruangan hingga pelatihan terhadap para operator komputer. [dar]

Keterangan Foto : Drs Herry Supramono. [sudarno/bhirawa]

Tags: