Tingkatkan Mutu Pendidikan Melalui Porseni IGTKI

25-ach-Tingkatkan Mutu Pendidikan dengan Porseni IGTKISidoarjo, Bhirawa
Untuk mengikuti Program Porseni (Pekan Olahraga dan Seni) IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia) di tingkat Provinsi Jatim tahun depan. Dan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dinas Pendidikan (Dindik) dan IGTKIĀ  Kab Sidoarjo bekerjasama untuk mempersiapkan berbagai macam kegiatan penunjang.
Menurut Ketua IGTKI Kab Sidoarjo, Dra Ati Suprihatin Pujiastuti MPd Rabu (24/9) kemarin pagi, telah menggelar latihan yang sekalian dilombakan untuk tingkat kabupaten. Nantinya yang menang akan mewakili ketingkat Provinsi Jatim. ”Hari ini yang dilombakan adalah lomba melukis dengan media, lomba montase dan lari estafet. Semuanya diikuti para kepala sekolah dan guru TK se Kab Sidoarjo,” katanya.
Untuk selanjutnya, pada 29 Oktober 2014 juga akan dilanjutkan perlombaan melukis dengan media tiga dimensi, permainan ciptaan guru, lomba pantomim dan lomba bercerita dengan alat. ”Kalau jumlah peserta seluruhnya dihitung per kecamatan sebanyak tujuh orang, dikalikan 18 kecamatan yang ada di Sidoarjo. Jadi semuanya sebanyak 129 orang peserta,” jelas Ati Suprihatin.
Program ini sebenarnya tujuan utamanya untuk peningkatan mutu pendidikan, juga meningkatkan profesional guru serta meningkatkan kreativitas dan inovasi pembelajaran kepala sekolah dan guru TK. Kalau untuk jumlah seleruh guru TK yang ada di Sidoarjo ada sekitar 4.710 guru, dan jumlah lembaganya mencapai 850. ”Cukup banyak sekali. Makanya kami berharap perlu terus diadakan program peningkatan mutu pendidikan,” harapnya.
Terpisah, Kepala Bidang TK/SD Dindik Sidoarjo, Drs Joko Supriyadi juga mengatakan, kalau kegaitan itu merupakan bentuk kerjasama yang baik antara pemerintah dengan IGTKI. ”Kami selalu bersinergi saling mengisi, saling menunjang agar kedua belah pihak bisa berjalan dengan baik,” tegas Joko Supriyadi. [ach]

Keterangan Foto : Para guru TK terlihat serius saat mengikuti lomba melukis, di halaman Kantor Dindik Kabupaten Sidoarjo, Rabu (24/9) kemarin. [ach/bhirawa]

Tags: