Terminal Joyoboyo Surabaya Akan Dibangun Enam Lantai

Terminal Joyoboyo Surabaya

Terminal Joyoboyo Surabaya

Pemkot, Bhirawa
Terminal Joyoboyo yang berdekatan dengan Kebun Binatang Surabaya akan dibangun enam lantai dengan anggaran negara sebesar Rp 80 miliar pada 2015.
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini¬† mengatakan Terminal Joyoboyo akan terintegrasi dengan KBS, di mana pintu masuk KBS akan diubah, dari sebelumnya melalui sisi utara, menjadi sisi selatan atau menghadap langsung dengan Terminal Joyoboyo. “Terminal enam lantai ini akan digunakan sebagai tempat parkir pengunjung KBS,” katanya, Senin (22/9).
Lahan parkir KBS yang ada sekarang, lanjut dia, akan dirombak untuk dijadikan perluasan lahan satwa. Sejumlah bangunan yang berada di sisi selatan KBS, nantinya akan dibebaskan.
“Bangunan-bangunan itu berdiri di atas lahan milik PT KA (Kereta Api). Kami sudah bicara dengan PT KAI mengenai rencana pembebasan itu dan sudah disetujui,” katanya.
Mengacu pada desain terminal, lanjut dia, lantai satu untuk parkir sebanyak 53 bus, sedangkan lantai dua untuk parkir mobil dan sepeda motor. Lantai tiga akan diintegrasikan dengan proyek monorel.
Tiga lantai di atasnya lagi direncanakan sebagai hunian. Namun, hunian ini hanya terbatas bagi warga yang ber KTP Surabaya dan belum memiliki tempat tinggal. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, penghuni bangunan liar di sepanjang Jalan Setail juga bisa menempati gedung ini.
Sedangkan untuk KBS sendiri, di pintu utama yang menghadap ke arah selatan, akan dibangun akuarium raksasa yang buka sampai malam hari. Di sekitar akuarium akan disediakan tempat duduk untuk bersantai.
Dalam pengembangan KBS ini, Pemkot Surabaya berinvestasi sebesar Rp 52 miliar, di mana dana tersebut dikucurkan secara multiyears. Untuk tahun ini, anggaran yang sudah mengalir ke kebun binatang yang ada di Jalan Setail itu mencapai Rp 10 miliar. “Dalam mengembangkan KBS, dana tidak sepenuhnya dari pemkot, tapi pihak swasta juga ikut terlibat,” ujarnya. [dre]

Tags: