Tekan Pengangguran, Kadin Plan Indonesia dan Kadin Jatim Latih Pemuda Profesional

16-Kadin-jatimSurabaya,Bhirawa
Kamar Dagang dan Industri ( Kadin) Jatim dan Kadin Plan Indonesia terus berupaya membantu pemerintah disektor ketanaga kerjaan di Indonesia. Tujuan dua instansi tersebut berupaya untuk mengurangi angka penganguran di Indonesia termasuk wilayah daerah Jatim setiap tahunnya meningkat.
Direktur Program Kadin Plan Indonesia Edy Juwono mengatakan,  besarnya angka pengangguran terbuka mempunyai implikasi sosial yang luas karena mereka yang tidak bekerja tidak mempunyai pendapatan.
“Semakin tinggi angka pengangguran terbuka maka semakin besar potensi kerawanan sosial yang ditimbulkannya contohnya kriminalitas. Sebaliknya semakin rendah angka pengangguran terbuka maka semakin stabil kondisi sosial dalam masyarakat,” ungkap Edi disela pelatihan “ Pemberdayaan Ekonomi Kaum Muda (Pelatihan Ketrampilan dan Penempatan Kerja) dan Sahabat UKM Jakarta (Penegmbangan Usaha Kecil) yang digelar digedung  Graha kadin Jatim beberapa waktu lalu.
Menurut Edy, pelatihan bagi kaum muda Kadin Paln Indonesia akan membidik Surabaya Raya diantaranya,  Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto dan Nganjuk dengan terget mencapai 2.500 orang selama 3 tahun berlatihan. Adapun pelatihan bergarak disektor, ritel, German, UKMKM dan Cody Golf.
“Hingga saat ini sudah 1.542 orang yang sudah bekerja di 14 perusahaan yang bekerjasama dengan Kadin Jatim. Dalam pelatihan ini kami menerapkan bagi mana menjadi seorang pekerja yang profesional di perusahaan masing-masing,” paparnya.
Humas Kadin Jatim Rachmatullah, pelatihan tenaga kerja bagi kaum muda sebelumnya sudah dilakukan tahun sebelumnya. Tahun lalu, perserta mencapai 800 kaum muda di Jatim dan bekerjasama dengan 6 perusahaan.
“Setiap tahun peserta latihan ini  alami peningkatan cukup tinggi. Artinya, pelatihan yang diselnggrakan Kadin Plan Indonesia dan Kadin Jatim disambut antusias oleh kaum muda di usia 18 hingga 24 tahun,” terang Boy sapaannya.
Menurutnya, pelatihan ini cukup efektif dan sangat membantu perintah dalam menurungan angka pengganguran di suatu daerah. Selain pelatihan kata Boy, para peserta pelatihan tersebut bisa disalurkan keterampilan dibeberapa perusahaan yang sudah kerjasama denganm Kadin Jatim. “Selain memberi wawasan tentang bekerja yang profesional di suatu perusahaan . Pelatihan ini juga memberi teknik bagiamana menjadi pengusaha profesional dan martabat,” ungkapnya.
Tujuan pelatihan tersebut Boy mengatakan,  diharapakan bisa terssosialisasikanya program dan progress pemberdayaan ekonomi kaum muda kepada semua stake holder di Surabaya Raya. Selain itu pula,  adanya kesepakatan bersama mengenai isu keberlanjutan program pemberdayaan ekonomi kaum muda di Surabaya Raya
“Kami berharap nantinya akan muncul dukungan dari stake holder Suarabaya Raya terhadap project pemberdayaan kaum muda  ini yang diinisisasi oleh Plan Indonesia bersama Kadin Jatim dan Sahabat UKM,” pungkasnya. [ma]

Tags: