Tak Terpengaruh Kemarau, Bulog Jamin Beras di Jatim Aman

Rusdianto

Rusdianto

Surabaya, Bhirawa
Bencana kekeringan di beberapa daerah akibat kemarau panjang kemungkinn akan mempengaruhi produksi beras. Namun Bulog tetap memberikan jaminan kalau stok beras di Jatim cukup aman.
Menurut Kabulog Divre Jatim Rusdianto menjelaskan stok beras yang ada di gudang Bulog cukup melimpah, karena dari target 1,1 juta ton sampai dengan Bulan September sudah mencapai 720.000 ton atau 72% saja yang dibutuhkan. “Berangkat dari kenyataan inilah kita optimis tidak akan ada masalah dengan persoalan beras di Jatim selama musim kemarau ini” ungkapnya, Rabu (24/9).
Lebih lanjut ia merinnci bahwa beras yang masuk ke Bulog setiap harinya antara 1.000 ton sampai 1.500 ton, 5.000 ton sampai dengan 7.000 ton perhari adalah pengadaan. Ia juga optimis pada Bulan September hingga Desember akan ada tambahan beras dengan luas lahan produksi 303.000 ha.  Lahan pertanian paling luas adalah Banyuwangi sekitar 37.000 ha dengan capain target 65% setahun, menyusul adalah Malang, Blitar, dan Lamongan.
Saat disinggung soal stok untuk beras miskin (Raskin), Rusdianto menegaskan kalau tidak ada dan semua sudah berjalan dengan lancar sesuai dengan program. “Berjalan 100%,” tegasnya.
Artinya penyaluran beras tersebut sudah tepat saaaran dan beejalan sesuai yang direncanakan. Ia mengakui  ada beberapa kendala kecil namun sudah bisa ditanganinya dengan baik.
Misalnya beberapa pulau di Madura seperti Kangean yang terkendala transportasi, kemudian Malang Selatan dan Madiun. “Pasokan untuk Raskin ini sangat cukup sebanyak 403.000 ton untuk Jatim.,Bahkan bisa dikatakan surplus,” katanya. [ma]

Tags: