Ramai-ramai Berkunjung di Perpustakaan

Foto_perbanas _tam (1)Surabaya, Bhirawa
Tak banyak orang tahu Hari Kunjung Perpustakaan jatuh pada bulan ini,tepatnya pada 14 September. Namun lain halnya di STIE Perbanas, momentum ini benar-benar dimanfaatkan untuk meramaikan suasana di perpustakaan. Bahkan pengunjung yang datang juga bisa mendapat berbagai doorprize yang sudah disediakan pengelola perpustakaan.
Uniknya, doorprize tidak diberikan secara langsung. Pengelola perpustakaan sengaja meletakkannya di tempat-tempat pengunjung biasa mencari koleksi buku.
“Kami sengaja meletakkannya di loker, meja katalog, rak buku, dan berbagai tempat lain. Ini agar terkesan surprise,” tutur  Kasie Layanan Perpus STIE Perbanas Diana Purwandini, saat ditemui, Kamis (18/9).
Selain doorprize, Diana mengaku juga membagikan voucher makan gratis bagi pengunjung yang bertanya ada peringatan apa kemarin. Totalnya ada 100 buah doorprize dan 65 voucher. Selain itu, khusus satu hari kemarin, pengelola juga menyalakan Mars Buku dan jingle perpustakaan.
“Kami sengaja membuat suasana perpustakaan ini berbeda. Selain untuk memperingati, kami juga ingin mengajak mahasiswa agar lebih senang berkunjung ke perpustakaan,” kata dia.
Di perpustakaan itu, Diana mengatakan ada 20 ribu koleksi buku yang bisa dinikmati pembaca. Setiap bulan, ada sekitar 300 orang yang datang untuk berkunjung dan meminjam buku.
“Kami berharap tidak hanya saat mahasiswa itu butuh meminjam buku baru ke sini. Setidaknya, perpustakaan ini bisa menjadi jujugan untuk sekadar santai dengan membaca-baca buku,” tutur dia.
Nur Ghaziyatul Iffah, salah satu mahasiswa dari jurusan Manajemen terlihat senang dengan suasana tersebut. Dia merupakan salah satu mahasiswa yang rajin berkunjung kesana. “Hampir setiap hari ke perpus  ini. Sebab, di sini banyak buku-buku yang tidak tersedia di pasaran,” kata dia.
Iffah berharap, suasana perpustakaan dapat selalu ramai tidak hanya saat peringatan saja. Sebab, dari perpustakaan seseorang dapat memiliki banyak kesempatan untuk menambah wawasan. “Perpustakaan ini penting sekali keberadaannya. Dan kami senang di perpustakaan ini hampir setiap hari banyak dikunjungi mahasiswa,” pungkasnya. [tam]

Keterangan Foto : Salah seorang pengunjung sedang memproses  pemimjaman buku di Perpustakaan STIE Perbanas. [ adit hananta utama/ bhirawa]

Tags: