Puluhan Kilometer Jalan Kabupaten Blitar Rusak

Jalan RusakKabupaten Blitar, Bhirawa
Karena seringnya dilalui truk bermuatan pasir melebihi muatan yang telah ditentukan, puluhan kilometer jalan aspal di Kabupaten Blitar mengalami rusak parah. Puluhan kilometer jalan rusak parah ini di beberapa desa di wilayah Kabupaten Blitar, akibat banyaknya truk bermuatan galian C yang membawa material batu dan pasir melebihi tonase yang berlalu lalang setiap harinya seperti di wilayah Kecamatan Nglegok.
Hal ini diungkapkan Kabid Sarana Prasarana Dinas PU Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Blitar, Sudharman. Kerusakan yang cukup parah terjadi pada jalan penghubung antara wilayah Nglegok-Bangsri, Nglegok-Sumberasri, wilayah Maliran-Srengat hingga Wonodadi. “Akibat ulah para pemilik truk itu, praktis Pemkab turut dirugikan karena membuat kondisi jalan aspal menjadi mudah berlubang,” kata Sudarman.
Selain itu, kondisi jalan aspal yang rusak parah juga sangat rawan menimbulkan kecelakaan, sehingga wajar bila banyak diantara warga masyarakat yang kesal dengan truk bermuatan pasir yang melalui wilayah mereka.
“Bahkan juga sempat penutupan atau pemblokiran jalan agar tidak dilalui truk yang melebihi tonase oleh warga,” ujarnya.
Seain itu karena banyak mendapatkan keluhan dan protes dari warga  atas kondisi jalan yang mengalami rusak parah dan sulit untuk dilalui tersebut, Pemkab tetap mengajukan tambahan anggaran untuk upaya perawatan dan kenaikkan kelas jalan. Dalam Perubahan APBD tahun ini saja Pemkab Blitar mengalokasikan sedikitnya 900 juta rupiah untuk melakukan pengerjaan jalan beton di wilayah Desa Sumberasri Kecamatan Nglegok hingga Sidorejo, serta pengerjaan hotmix untuk kerusakan jalan aspal di wilayah Ngoran. [htn]

Keterangan Foto : Truk terjebak ketika melintas di jalan Desa Sumber Asri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar,

Tags: