Peserta Napak Tilas Mayangkara Lamongan Membludak

30-mayangkara1Lamongan Bhirawa
Gerak Jalan Napak Tilas Mayangkara tahun diikuti oleh setidaknya 2.754 peserta. Peserta napak tilas perjuangan perjuangan Batalyon Mayangkara ini naik dibanding peserta tahun lalu yang mencapai 2.700 peserta.
Dari data Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) setempat, peserta tahun ini terdaftar sebanyak 306 regu. Terdiri dari regu umum putra 201, regu umum putri 14, pelajar putra 62 dan regu pelajar putri sebanyak 29.
Sedangkan tahun lalu pesertanya mencapai 300 regu. Setiap regunya sendiri terdiri dari 7 orang ditambah 2 orang sebagai cadangan.
“Di awal-awal pendaftaran sepertinya pesertanya tidak akan terlalu banyak. Namun menjelang penutupan ternyata pesertanya membludak hingga kami harus membuatkan nomor peserta dari print out, ” ujar Wawan, salah satu panitia.
Mengambil start dari Gedung Mayangkara di Kecamatan Mantup, peserta diharuskan menempuh jarak sepanjang 22 kilometer menuju garis finish di depan Pendopo Lokatantra. Tidak sedikit peserta yang berguguran di tengah perjalanan karena kelelahan dan mengalami kram pada kaki.
“Tahun ini sepertinya lebih berat mas. Mungkin karena cuaca yang snagat panas. Tadi ada beberapa peserta dari pelajar yang berhenti karena mengalami kram, ” ujar Andik, salah satu peserta.
Gerak jalan itu digelar rutin setiap tahun untuk menaptilasi perjuangan Batalyon Mayangkara yang dikomandani Jarot Subiantoro saat melawan penjajah pada peride tahun 1945 hingga 1955. Kala itu, mereka bermarkas di Desa Mantup.
Tidak sekedar berjalan kaki, panitia juga memberikan penilaian untuk peserta terbaik. Penilain meliputi ketepatan waktu, disiplin baris berbaris dan juga dilihat kekompakan dan semangat mereka.
“Terima kasih kepada para peserta gerak jalan perjuangan mayangkara. Semoga semangat pasukan kuda putih (lambing batalyon mayangkara), menjadi inspirasi kita semua dalam membangun Lamongan, ” pesan Bupati Fadeli sesaat sebelum memberangkatkan peserta.(yit)

Keterangan Foto : Salah satu peserta Gerak Jalan Napak Tilas Mayangkara dari Regu Wartawan Lamongan. [suprayitno/bhirawa]

Tags: