Jumlah TKI Kabupaten Malang Turun 50 Persen

Foto: ilustrasi

Foto: ilustrasi

Kab Malang, Bhirawa
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Malang mencatat bahwa Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal kabupaten setempat, yang berangkat kerja keluar negeri pada pertengahan September 2014 ini sebanyak 2.302 orang.
“Namun jumlah TKI yang berangkat keluar negeri lebih banyak dari tahun sebelumnya, yakni sebanyak 4.196 orang. Sehingga jumlah TKI asal Kabupaten Malang, yang berangkat keluar negeri pada pertengahan September ini turun hingga mencapai 50 persen,” terang Kasi Penempatan TKI Disnakertrans Kabupaten Malang Sukardi¬† kepada wartawan, Minggu (21/9).
Sementara, lanjut dia, dari jumlah 2.302 orang TKI itu, mereka bekerja dan menyebar di sembilan negara. Meski ada penurunan jumlah TKI yang berangkat k luar negeri, tapi biasanya menjelang akhir tahun berdasar pengalaman tahun-tahun sebelumnya ada lonjakan jumlah TKI yang berangkat keluar negeri.
“Tapi jumlah TKI yang akan berangkat keluar negeri hingga akhir tahun, jumlahnya kemungkinan akan mendekati angka dari tahun sebelumnya. Sebab, jumlah TKI yang berangkat keluar negeri dari tahun ke tahun selisihnya rata-rata mencapai seratus orang saja, ” tutur Sukardi.
Menurutnya, wilayah Malang Selatan selama ini menjadi salah satu kantong TKI di Jatim. Masyarakat di sana berharap dengan menjadi TKI mereka bisa memperoleh gaji besar, jika dibanding bekerja di daerahnya sendiri. Dan bahkan, tidak hanya kaum wanita saja yang memilih menjadi TKI, namun para laki-lakinya pun juga banyak yang menjadi TKI. Seperti kampung TKI di wilayah Desa Arjowilangun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, yang hampir 40 persen warga di desa tersebut menjadi TKI. [cyn]

Tags: