HUT Jatim Jadikan Momen Hadapi MEA

Masyarakat Ekonomi ASEANPemprov Jatim,Bhirawa
Hari Jadi ke 69 Prov Jawa Timur akan mejadi miniatur dalam rangka persiapan menghadapi pasar Asean Economic Community (AEC) atau perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN ( MEA) 2015 mendatang.
Ini dikatakan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, usai memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dan memberikan arahan pada Rangkaian Hari Jadi Ke 69 Prov Jawa Timur di kantor Gubernur Prov Jawa Timur di Surabaya, Senin (29/9.
Gubernur berharap pada setiap rangkaian  kegiatan Hari Jadi Jawa Timur pada 2014 agar  menampilkan produk-produk unggulan khususnya barang dari berbagai daerah yang berkualitas ekspor.
“Tujuannya, agar masyarakat mengetahui kesiapan  Jawa Timur dalam  menghadapi  MEA,  sehingga  Hari Jadi Jawa Timur  dapat  dijadikan  miniatur  MEA,” ujar Gubernur.
Pada  rangkaian  Hari Jadi Jawa Timur,  melalui  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemprov mengundang 24 perwakilan dagang yang berada di 24 Provinsi di Indonesia serta melibatka negara Asean untuk terlibat berbagai kegiatan dan pameran dagang. Selain pameran dagang, pada rangkaian Hari Jadi Jawa Timur juga akan menampilkan produk wisata dan  investasi.  Karena Trade,  Tourism  and  Invesment menjadi  Jantung  dalam  menghadapi perdagangan  bebas MEA 2015.
Menurut Soekarwo, masyarakat  harus  diberi  gambaran  dalam  menghadapi  MEA  2015. Ditegaskan pula bahwa Hari Jadi Prov. Jawa Timur menjadi kegiatan strategis dan harus dijadikan sebagai pijakan dalam menghadapi MEA. Dari 6,8 Juta UMKM diJawa Timur terdapat 266 ribu UMKM yang mengekspor produknya ke berbagai negara di dunia. Dari 266 ribu UMKM  tersebut nantinya akan dikumpulkan, kemudian dicek by name and by addres ke negara mana saja UMKM mengekspor hasil produknya.
Itu dilakukan untuk mengetahui kualitas dan produksi UMKM tersebut di pasar dalam dan maupun di pasar luar negeri.
Lebih lanjut dikatakan, peringatan  pada Hari Jadi Prov Jawa Timur 2014  akan  berbeda  dibandingkan  tahun  sebelumnya.  Hari Jadi Jawa Timur 2014 harus menjadi persiapan menghadapi MEA 2015. Jika dahulu, terdapat pasar murah, tahun ini menghadapi  MEA.
Rangkaian kegiatan juga akan diubah dan disesuaikan. Seperti Pameran produk-produk ekspor berkualitas  akan digelar di kantor dagang maupun Exebition di Tunjungan Plasa.
Pemprov Jawa Timur ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa produk dari Jawa Timur disenangi dan digunakan oleh negara Asean. Jika masyarakat lebih suka bordir dari  produk asing,  maka Jawa Timur akan menampilkan bordir yang tidak kalah dari segi kualitas maupun kuantitasnya.
Rapat  persiapan  Hari Jadi ke 69 Jawa Timur  juga mentabulasikan  produk  unggulan  yang  akan ditampilkan di pameran dan kegiatan lainnya. Dicontohkan banyak masyarakat yang memilih berobat ke luar negeri tanpa mengetahui kualitasnya. Akan tetapi, pada Hari Jadi Prov.Jawa Timur Pemprov akan menampilkan kelebihan dan keunggulan produk dari RSUD. dr. Soetomo Surabaya. Dengan begitu masyarakat jika sakit tidak perlu berobat lagi ke luar negeri.      “Jangan pergi ke luar negeri, jika di  Jawa Timur sendiri  mempunyai  RSUD.  dr.  Soetomo  yang  secara  kualitas  dan  pelayanannya  tidak  kalah dengan yang rumah sakit di luar negeri,” tuturnya. [hms.iib]

Rate this article!
Tags: