Hasil Bimtek Dewan Segera Ciptakan Aturan Berkualitas

10-adv gresik (kodir)Gresik, Bhirawa
Bimbingan Teknis (Bimtek) 50 anggota DPRD Gresik periode 2014-2019 sudah selesai dilaksanakan. Dari Bintek, para wakil rakyat mengaku dapat pemahaman dan wawasan baru. Mereka berjanji akan meningkatkan kualitas aturan legislasi yang akan dibuat untuk tahun-tahun mendatang.
Anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPRD Gresik H Abdul Qodir mengatakan dia termasuk anggota yang terpilih kembali untuk kedua kali. Dengan adanya Bintek ini semakin memahami tentang tugas-tugas kedewanan.”Ada pengulangan memang materi yang disampaikan dalam Diklat. Tetapi secara keseluruhan sangat membantu anggota dewan, khususnya bagi anggota dewan yang baru,” katanya, Rabu (17/9).
Sebanyak 50 anggota DPRD Gresik peeiode 2014-2019 mengikuti Bintek di Surabaya. Kegiatan yang diigelar dari Senin (15/9) hingga Rabu (17/9) itu diharapkan mampu memberikan pemahaman dasar legislasi. Juga dimaksudkan agar anggota DPRD bisa memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai wakil rakyat.
Materi yang disampaikan dalam Bintek yaitu Pancasila, UUD 1945 dan  Bhinneka Tunggal Ika. Kemudian ada demokrasi dan wawasan kebangsaan, sistem pemerintahan Indonesia, sistem pengelolaan keuangan daerah. Bahkan, ada materi wewenang tugas serta fungsi dan tata tertib,” katanya.
Selain itu, ada materi pembinaan dan pengawasan pemerintah daerah, bentuk peraturan daerah, hubungan DPRD dengan pemerintaah daerah. Juga ada kepemimpinan dan etika pemerintahan, perencanaan pembangunaan nasional dan daerah serta pengesahaan serta pemberantasan korupsi.
Ditambahkan Abdul Qodir, bahwa saat Bintek ada semacam penajaman materi yang disampaikan. Sehingga, setiap anggota akan mudah memahami fungsi dan tugasnya. Hal itu, akan mempermudah saat menjalankan tugas-tugas kedewanan selama lima tahun ke depan. Karena dalam Bintek kemarin, banyak manfaat yang bisa dipetik.
Terpisah Ketua DPRD sementara Ir H Abdul Hamid mengatakan, bahwa kegiatan Bintek banyak manfaat. Bintek ini, merupakan suatu hal yang sangat urgen bagi wakil rakyat. Pasalnya, setelah mengikuti Bintek anggota dewan bisa memahami tugas dan fungsi mereka. Apalagi setelah mengikuti Bintek, wakil rakyat langsung membentuk tim penyusun tata tertib. Anggota dewan yang akan menjadi tim penyusun jumlahnya mencapai 25 orang, atau separo dari seluruh anggota dewan. Sehingga, dengan mengikuti Bintek ini wakil rakyat akan lebih memahami. [kim*]

Keterangan Foto : H Abdul Qodir

Tags: