Disbudpar Pamerkan ‘Gong Gumbeng’ di Sulut

23-Gong GumbengSidoarjo, Bhirawa
Sekitar 30 museum-museum Pronvisi se Indonesia telah mengikuti acara gelar pameran, juga sebagai ajang publikasi bersama dalam gela pameran nasional ‘Alat Musik Tradisional Nusantara’ 2015 di Manado Sulawesi Utara (Sulut).
Pameran yang telah dilakukan pada tanggal 16/9 hingga 20/9 tersebut, dibuka langsung oleh Kepala Museum Sulut Dra. Ivonne Lombok, dan bertempat di Aula Museum Negeri Provinsi Sulut sebagai tuan rumah.
Kepala Museum Sulut Dra. Ivonne Lombok, mengatakan kalau kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Tahun Emas Sulut, dan pameran ini telah diikuti sebanyak 30 provinsi se-Indonesia. “Banyak alat musik tradisional yang dipamerkan, mulai dari alat musik tiup tempo dulu, hingga alat musik gesek dan tabuh, serta alat musik pukul yang sudah jarang dilihat,” katanya.
Kegiatan ini akan dilaksanakan sampai tanggal 20 September 2014, yang sebelumnya telah didahului dengan melakukan rapat koordinasi bersama seluruh Kepala Museum se-Sulawesi, untuk rencana gelaran pameran tersebu. Dalam pameran ini sebanyak 195 alat musik dari 30 provinsi di Indonesia dipamerkan. “Antusiasme generasi muda terutama anak sekolah sangat luar biasa datang ke pameran ini, untuk mengetahui bentuk dan sejarah alat musik tradional,” ujar Ivonne.
Terpisah, Kepala Disbudpar Jatim Dr. Jariyanto, M.Si yang diwakili Kepala UPT Museum Negeri Mpu Tantular Provinisi Jawa Timur Drs. Edi Irianto mengatakan kalau pihaknya telah ikut mendukung program pameran tahunan tersebut.  Pameran ini sifatnya adalah kebersamaan, saling mendukung juga sebagai ajang publikasi bersama.
Adapun alat musik tradisional yang kami pamerkan disana adalah alat musik Gong Gumbeng dan Jaranan dari Ponorogo. Alat musik Gong Gumbeng asal Ponorogo ini merupakan alat musik terbuat dari bambu dan kayu. Sebanyak 15 buah angklung dan sebuah Gong Gumbeng. “Keunikannya, adalah bentuknya mirip Angklung, namun alat musik dari Desa Wringinanom, Sambit Ponorogo ini cara memainkan dengan ditiup,” pungkas Edi Iriyanto. [ach*]

Keterangan Foto : Para pengunjung saat mendapat penjelasan mengenai alat musik ‘Gong Gumbeng’ dan ‘Jaranan’. [achmad suprayogi/bhirawa]

Tags: