Bupati Situbondo Buka Kontes Ternak

6-FOTO KAKI AWI-KONTES TERNAK2Situbondo, Bhirawa
Guna untuk meningkatkan ketersediaan daging dan protein hewani di Kota Santri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Peternakan (Disnak) menggelar kontes dan pameran ternak, selama dua (10-11 September 2014. Acara yang dibuka Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto SH itu dimulai sekitar pukul 08.00 wib, dengan didampingi Sekda Syaifullah, pimpinan SKPD, para Kepala Bagian (Kabag) serta Camat se-Kabupaten Situbondo.
Yang membanggakan lagi, acara kontes dan pameran ternak mendapat pantauan khusus Atase Perdagangan Pemerintah Jepang, Horiyo Natsu Zaki bersama sejumlah investor terkemuka di Indonesia. Kontes sapi Situbondo yang rutin diselenggarakan setahun sekali itu, mnurut Bupati Dadang, bakal dikemas menjadi promosi wisata unggulan di masa mendatang. Sejak dibuka kemarin lusa, ribuan penonton dari berbagai pelosok desa Situbondo tampak tumpah ruah diarena kontes, di alun-alun Besuki.
Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto mengatakan, acara kontes ternak merupakan perwujudan penanganan khusus melalui sebuah kegiatan yang melibatkan peternak yang notabene merupakan tradisi masyarakat dalam memelihara sapi.
“Dari kegiatan ini diharapkan masyarakat (peternak) yang memiliki bibit berkualitas supaya muncul ditengah-tengah kontes ini sehingga dapat meningkatkan daya saing kita di level nasional dan regional. Saat ini kami banyak sekali mengembangkan sapi lokal dengan pola pemeliharaan kesehatan secara gratis,” ujar Bupati Dadang seraya menambahkan bahwa arena kontes sapi bakal dikemas menjadi daya tarik wisata.
Sementara itu Kepala Dinas Perternakan Kabupaten Situbondo, Drs Aries Marhaento MPd, menandaskan, melalui kontes ternak pihaknya bakal berupaya mewujudkan sumber daya genetik hewan (SDGH) unggulan lokal serta bakal meningkatkan ketersediaan protein hewan menuju generasi cerdas berprestasi. “Alhamdulillah, acara kontes dan pameran ternak mendapatkan perhatian banyak penonton dan peserta,” ujar mantan Kadis Pendidikan itu kemarin.
Masih kata Aries, untuk kontes sapi yang dilombakan meliputi 8 katagori diantaranya induk hasil IB; calon induk hasil IB; pedet betina hasil IB; jantan lokal; induk sapi lokal; calon induk sapi lokal; calon kereman hasil IB dan katagori kereman hasil IB.
“Sedangkan untuk katagori kontes kambing meliputi, induk DEG; pejantan DEG; induk kambing PE dan pejantan kambing. Adapun peserta¬† kontes ternak adalah pemilik ternak sapi dan kambing yang ada di 17 Kecamatan se-Kabupaten Situbondo,” pungkas mantan Asisten III Setkab Situbondo itu. [awi]

Keterangan Foto : Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto bersama Atase Perdagangan Jepang Horiyo Natsu Zaki, saat meninjau stand kontes dan pameran ternak di alun-alun Kecamatan Besuki, Situbondo, pagi kemarin. [sawawi/bhirawa].

Rate this article!
Tags: