Warga Dilibatkan Pembangunan Air Bersih

Sidoarjo, Bhirawa
Program pembangunan air bersih yang dilakukan Pemkab Sidoarjo dalam melibatkan masyarakat secara luas, akan berjalan dengan baik. Pasalnya, pihak IUWASH (Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene) telah bertekat ingin melakukan kerjasama.
Program penanganannya sekitar lima bulan mendatang, diantara yang ditangani adalah program air bersih, sanitasi dan kebersihan perkotaan, yang didanai Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat atau US Agency for International Development (USAID).
Menurut perwkilan dari IUWASH, Wahyu, akan memilih menggandeng Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M) Kab Sidoarjo dalam memaksimalkan peran keterlibatan warga. Karena instansi dibawah naungan Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Pemkab ini sangat cocok karena berhubungan langsung dengan masyarakat.
”Program air, sanitasi dan kebersihan kota rencananya akan berjalan di Kab Sidoarjo selama lima bulan. Untuk itu IUWASH melalui perwakilannya Prima Kinerja Konsultan selaku konsultan yang ditunjuk, siap bekerjasama, menggandeng P3M,” papar Wahyu.
Jadi program ini dilakukan dalam upaya membantu Pemerintah Indonesia, meraih kemajuan untuk mencapai target MDGs (Millenium Development Goals (MDGs) melalui perluasan akses terhadap air minum dan layanan sanitasi yang aman. Dan mengembangkan akses layanan air dan sanitasi untuk masyarakat miskin kota di Indonesia.
Sedangkan menurut Kasubag Pengolahan dan Pengaduan Muhammad Rofik SSos, mengatakan, kalau tawaran kerjasama dari IUWASH ini direspon sangat positif, mengingat program ini ada kesesuain dengan salah satu program Pemkab Sidoarjo dalam pengembangan air bersih.
”Kami akan mengundang pihak terkait, apabila kerjasama ini nanti akan dijalankan. Seperti PDAM, Dinas Pengairan, Bappeda dan dinas-dinas lain yang terkait dengan program ini. Namun kami belum bisa memutuskan sekarang, karena Kabag Humas dan Protokol sebagai pejabat yang berwenang mengambil keputusan masih tugas kerja di Jakarta,” ujarnya. [ach]

Tags: