Ratusan Napi Ikuti Sosialiasi Pemilu

Bangkalan, Bhirawa
KPUD Kabupaten Bangkalan, menggelar sosialisasi pelaksanaan pemilu kepada para narapidana Penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Bangkalan. Kegiatañ ini, bertujuan agar para Napi bisa menggunakan hak pilihnya pada pemillu 9 April 2014 mendatang.
“Meski dengan keterbatasan ruang gerak, namun tidak mengurangi hak napi untuk menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan pemilu,” ujar Ketua Pokja Sosialisasi KPUD Bangkalan, Saiful Ismail, usai melakukan sosialisasi di Rutan Bangkalan, Senin (24/03).
Menurut Saiful, berdasarkan data yang dimiliki KPUD Bangkalan, jumlah napi yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) khusus  sebanyak 94 orang. “Rinciannya 92 napi laki-laki dan 2 napi perempuan. Mereka akan mencolos di TPS khusus yakni TPS 12 Kelurahan Pajagan Kecamatan Kota Bangkalan,” ucapnya.
Namun bagi napi yang tidak terdaftar dalam DPT khusus, sambung Saiful, mereka tetap bisa menggunakan hak pilihnya dengan meminta surat pindah dari petugas PPS di tempat asalnya. “Jadi para napi, bisa meminta tolong kepada saudara mereka yang ada di rumah, untuk minta surat pindah pencolosan atau TPS, kepada petugas PPS ditempat asal mereka,” terangnya. [dit]

Rate this article!
Tags: