Pemprov Apresiasi Citilink Ikut Jamin Keselamatan TKI

14-citylinkPemprov, Bhirawa
Pemprov Jatim mengapresiasi rencana program maskapai penerbangan Citilink yang menjamin keselamatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Jatim dari bandar udara hingga sampai di tempat kerjanya di Malaysia, begitu juga sebaliknya. Langkah Citilink itu diwujudkan dengan membuka penerbangan internasional perdana rute Surabaya-Johor Bahru (Malaysia).
“Kalau benar itu diwujudkan, maka sebuah program yang sangat bagus dan luar biasa. Kami akan selalu koordinasi dan berupaya merealisasikannya,” kata Sekdaprov Jatim Dr H Akhmad Sukardi MM saat menerima kunjungan direktur dan manajemen Citilink di Kantor Gubernur Jatim, Kamis (13/3).
Menurut dia, sebagai maskapai penerbangan pelat merah atau milik negara, Citilink akan sangat membantu perekonomian bangsa ini, termasuk Jatim. Sebab, jika dibandingkan maskapai penerbangan luar negeri maka pajak tidak akan masuk ke negara, melainkan ke negara pemilik maskapai.
“Kalau Citilink, pajaknya masuk ke negara dan tentu membantu membangun bangsa ini. Segera akan saya laporkan ke Gubernur Soekarwo tentang rencana Citilink mewujudkan program jaminan keselamatan TKI, khususnya yang berangkat melalui Jatim,” katanya.
Selama ini, kata Sukardi, sejumlah TKI tidak semua keselamatannya terjamin saat akan menuju ke tempat kerja karena alasan keamanan. Pihaknya yakin jika Citilink mampu memberikan keselamatan keamanan maka akan semakin dicintai dan dipercaya masyarakat.
Selain melaporkan rencana program untuk keamanan TKI, kedatangan manajemen Citilink ke Pemprov Jatim untuk memberitahukan jadwal penerbangan internasional perdana rute baru, yakni Surabaya ke Johor Bahru, Malaysia.  Malaysia sengaja dipilih untuk mengakomodasi para tenaga kerja asal Indonesia yang bekerja di negara tersebut.
Penerbangan perdana  maskapai berkonsep Low Cost Carrier (LCC) rute Surabaya  – Johor Bahru akan dimulai, Sabtu (15/3) besok. Jadwalnya, dari Bandara Juanda pukul 19.00 dan tiba di Johor Bahru pukul 22.30 waktu setempat. Sedangkan, penerbangan dari Johor Bahru pukul 23.00 waktu setempat dan tiba di Surabaya 00.30.
“Penerbangannya sehari sekali. Ke depan akan ada rute baru dari Surabaya ke Kuala Lumpur, kemudian Surabaya ke Singapura dan Surabaya ke Hongkong serta Taipei. Rencananya tahun ini,” kata Chief Executive Officer (CEO) Citilink Indonesia Arif Wibowo.
Terkait rencana tentang program khusus TKI, pihaknya mengaku ini sebagai bentuk penghormatan karena telah banyak kontribusi yang TKI berikan terhadap perekonomian Indonesia. Pihaknya akan membantu memastikan keamanan TKI hingga semua berjalan lancar. Tidak itu saja, lanjut dia, pembukaan rute itu juga bertujuan mempromosikan pariwisata Surabaya khususnya dan Jatim umumnya.
Hingga saat ini, Citilink mengoperasikan 24 armada Airbus A320 terbaru, dua di antaranya jenis Sharklets atau bersayap model sirip hiu. Seluruh armada tersebut melayani 32 rute domestik dengan 130 frekuensi di 24 kota tujuan ke berbagai kota di Indonesia setiap harinya.
Sepanjang 2014 perseroan membidik sekitar 8 juta penumpang. Target tersebut ditetapkan setelah melihat angka pertumbuhan penumpang yang terus melonjak yaitu dari 2,8 juta pada 2012 menjadi 5,34 juta akhir kuartal 2013 lalu. [iib]

Ekspansi Citilink Garap Pasar Jatim
Rute internasional perdana  : Buka rute Surabaya-Johor Bahru (PP) per Sabtu (15/3)
Tujuan  : Mengakomodasi TKI asal Jatim  yang bekerja di Malaysia, promosikan     pariwisata Surabaya dan Jatim.
Frekuensi penerbangan    : Sehari sekali
Konsep maskapai    : Low Cost Carrier (LCC)
Target penumpang    : 8 juta penumpang (nasional)
Total armada  : Operasikan 24 armada, melayani 32 rute domestik dan 24 tujuan ke berbagai kota di Indonesia
Sumber : PT Citilink Indonesia

Tags: