Pelatih Gulat Rumania Segera Tangani Atlet

0101gulatSurabaya, Bhirawa
Jika tidak ada kendala, dua pelatih gulat asal Rumania, Manzala Floryn dan Motoi Rapsan bakal segera tiba di Surabaya, hari ini Rabu (5/3). Keduanya bakal segera menangani atlet yang bergabung di Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Jatim.
“Sekarang baru berangkat dari Rumania. Besok (Rabu, 5/3/2014) tiba di Surabaya,” sebut Dudi Harjantoro, Wakil Ketua I Pengprov Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Jatim  , Selasa (4/3).
Keduanya masih berusia muda, Floryn berusaia 21 tahun dan akan menangani pegulat  gaya bebas. Kemudian Rapsan yang berusia 23 tahun memoles atlet gaya grego roman. Floryn dan Rapsan tak hanya bertugas untuk melatih. Mereka juga direncanakan dijadikan sebagai lawan tanding bagi pegulat-pegulat Jatim.
Pria yang juga pengurus KONI Jatim ini berharap, keterlibatan pelatih asal Rumania selama dua bulan di Surabaya, bisa menambah kualitas tim gulat Jatim. Sehingga bisa membawa dampak positif pada prestasi Jatim, terutama pada PON 2016 di Jawa Barat nanti.
Dudi menegaskan, keputusan mendatangkan pelatih asal Rumania sudah dipikirkan secara matang dan masuk program kerja PGSI Jatim.  Kecuali biaya mendatangkan pelatig Rumania itu tidak terlalu mahal, kiblat olahraga gulat juga memang dari Rumania.
“Pekai pelatih Rumania tidak hanya sekarang saja. Pada PON di Kalimantan Timur, kami juga pakai jasa pelatih Rumania,” kata Dudi yang juga menjabat sebagai Kabid Olahraga Prestasi di Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Jatim itu.
Saat ini PGSI Jatim memiliki 13 pegulat yang resmi masuk Pemusatan latihan daerah (Puslatda). Guna menambah kekutan, ada delapan atlet baru yang disiapkan masuk daftar atlet cadangan. Mereka masih berlatih di Malang dan Surabaya. Di PON 19 Jawa Barat mendatang, cabor gulat Jatim memamtok minimal bisa menyumbangkan dua medali emas. [wwn]

Tags: