Kuota Haji Tunggu Pengumuman Pusat

Wakhid Priyono.JPG (1)Bojonegoro, Bhirawa
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro hingga kini masih belum berani membeberkan soal pengumuman kuota atau daftar nama-nama Calon Jemaah Haji (CJH) yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini.Keputusan tersebut menuggu resminya dari pusat.
Selain itu jadwal keberangkatan calon jamaah haji masih menunggu kebijakanan pemerintah pusat. Hanya saja pemerintah telah merevisi skema prioritas untuk calon haji lanjut usia (lansia). Hal itu diungkapkan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Bojonegoro, Wakhid Priyono, Selasa (4/3).
Menurutnya, pada periode haji 2013 lalu, Kemenag menentukan bahwa calon jamaah haji lansia yang diprioritaskan adalah mereka yang berusia 75 tahun atau lebih. “Tahun ini tetap ada prioritas bagi jamaah haji lansia. Untu usia 80 tahun atau lebih,” jelasnya.
Selanjutnya, Wakhid mengatakan sampai saat ini belum bisa dipastikan berapa jumlah calon jamaah haji lansia yang ketiban rezeki, karena mendapat free pass dari panjangnya waiting list itu. “Sebab keputusan jumlah calon jamaah haji tua berangkat tahun ini, masih menunggu sisa kuota haji 2014 yang tidak terserap,” imbuhnya.
Kendati demikian dengan skema itu, calon jamaah haji yang diprioritaskan tadi tidak sampai menggeser calon jamaah haji kuota 2014. Pengalaman saat pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH), selalu saja ada calon jamaah haji yang tidak melakukan pelunasan. “Sehingga kursinya dianggap menjadi sisa kursi, dan pengelolaannya ditarik ke Kemenag pusat,” pungkasnya. [bas]

Rate this article!
Tags: