Dorong Satpol PP dan Linmas Sukseskan Pileg 2014

soekarwo-santai-baliho-ditertibkan-bawaslu-jatim.jpg (1)Pemprov Jatim, Bhirawa
Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo SH MHum meminta seluruh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di seluruh kabupaten/kota untuk menyukseskan Pemilihan Umum Legislatif maupun Pemilihan Presiden 2014.
“Satpol PP akan membantu dan mengawal petugas keamanan, dalam hal ini Polri dan TNI. Jadi, tidak hanya penegak Peraturan Daerah saja, khusus tahun ini harus membantu menyukseskan Pemilu,” kata Gubernur saat menjadi inspektur upacara HUT ke-54 Satpol PP di Makodam V/Brawijaya Surabaya, Senin (3/3).
Menurut dia tugas Satpol PP harus memperhatikan faktor penting dalam mengoptimalisasikan ketertiban dan ketenteraman masyarakat saat Pemilu tahun 2014. “Salah satunya dengan berkoordinasi, sinkronisasi baik secara horizontal dan vertikal dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah(SKPD), seperti Bawaslu, KPU,TNI Polri dan Bakesbangpol,” kata Gubernur yang disapa akrab Pakde Karwo.
Ia menjelaskan Pemilu yang aman bisa tercipta apabila masyarakat diikutsertakan. Sehingga, tokoh masyarakat dan tokoh agama harus dirangkul untuk mencegah potensi gangguan ketertiban umum sesuai dengan kearifan lokal.
Satpol PP yang dibantu Satlinmas, katanya, harus mengawal peraturan yang ada dengan harapan Pemilu berlangsung jujur dan adil. Meski hal tersebut merupakan tugas berat, namun pihaknya yakin Satpol PP akan bekerja semaksimal mungkin membantu dan menjalankan tugas sebagai abdi negara.
Sementara, Kepala Satpol PP Jatim, Drs  Sutartib MSi mengaku kesempatan ini merupakan kehormatan dan pihaknya akan menunjukkan mampu menjadi tuan rumah yang baik.
Selain itu, perintah Gubernur Jatim tentang kesiapan menjelang Pemilu dan membantu pengamanannya akan dilaksanakan sebaik-baiknya. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota se-Jatim untuk menyelenggarakan Pemilu yang jujur dan adil.
“Jumlah Satpol PP di Jatim memang hanya 155 personel. Tapi kami akan maksimalkan kekuatan dan berkoordinasi dengan Satpol PP di daerah,” kata dia.
Pada hari H pelaksanaan Pemilu mendatang, lanjut Sutartib, pihaknya menempatkan dua petugas di setiap tempat pemungutan suara (TPS). Sama seperti Pemilu sebelumnya, dua petugas dimaksimalkan dari warga setempat yang sudah dibekali pengetahuan dan keterampilan khusus.
“Mereka akan menjaga pelaksanaan hari pencoblosan di TPS hingga ke PPS, PPK maupun KPU. Petugas juga akan membantu mengawasi dan mewujudkan terciptanya Pemilu aman, nyaman, damai dan jujur serta adil,” katanya.  [rac]

Tags: