Dishutbun Galakkan Potensi Tanaman Rempah

4174f-mmd-batu.jpg (1)Bojonegoro,Bhirawa     
Dalam waktu dekat ini, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Bojonegoro berencana galakkan potensi tanaman buah-buahan dan rempah-rempah di kawasan hutan diwilayah setempat. Sebab selama ini hanya mengembangkan tanaman yang memproduksi kayu
Rencanannya tanaman rempah-rempah akan dikembangkan di Desa Kacangan, Bubulan dan Kedungsumber, Kecamatan Temayang. ” Sementara buah-buahan akan dilakukan di di Desa Pajeng, berupa rambutan, Kalitidu untuk buah Durian, Kelengkeng di Dander dan buah Kelapa di Dander, Kapas dan Margomulyo,” kata Kepala Dishutbun Bojonegoro, Ardiyono, kpeda Bhirawa Senin (3/3).
Menurutnya, sebelumnya sudah dilakukan uji coba tanah di lokasi yang akan ditarget sebagai area penanaman. Untuk tanaman kelengkeng telah dilakukan uji coba di Desa Bubulan dan membuahkan hasil.”  Untuk cepat berbuah itu semua tergantung nutrisi dan perawatan,” imbuhnya.
Selanjutnya, Ardiyono menjelasakan penanamanan kunyit akan dilakukan di lahan seluas 2 hektare. Selain itu, tanaman tersebut tidak membutuhkan tanah khusus dan bisa dengan tumpang sari. “Pihaknya mengaku, dalam pemasaran tidak ada masalah, yang penting kami tanam dulu,” tandasnya.
Selain itu, pihaknya juga akan mendatangkan perusahaan perusahaan obat herbal yang siap menampung produksi kunyit dengan harga Rp 2.000 hingga Rp 3.000 per kilogram dalam keadaan basah. ” Pemerintah juga akan menggunakan sistem revolving yakni pemberian bibit kepada petani dan dilakukan terus-menerus sehingga, petani bisa mengembangkan usahanya,” pungkasnya. [bas]

Tags: