Dewan Minta Pembangunan Kantor Pemkab Direalisasikan

Heri Romadlon

Heri Romadlon

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Kalangan DPRD Kabupaten Blitar meminta pembangunan kantor Sekretariat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar di Kecamatan Kanigoro segera dimulai, mengingat alokasi anggaran sudah tersedia pada tahun ini.
Bahkan pembangunan Kantor Sekretariat Pemkab Blitar tersebut sebenarnya sudah menjadi kesepakataan antara Eksekutif dengan Legislatif, sehingga pada tahun 2014 melalui APBD telah dianggarkan sebesar Rp 35 miliar.
Seperti diungkapkan Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Heri Romadlon, menurutnya penetapan APBD 2014 dilakukan pada awal tahun anggaran, sehingga seharusnya proses tender saat ini sudah selesai. Bahkan pihaknya juga meminta Eksekutif segera melakukan louncing Pembangunan Sekretariat Pemerintah Kabupaten Blitar.
“Agar pengerjaan mega proyek itu memiliki waktu yang panjang, dengan begitu kualitasnya juga bisa lebih baik,” kata Heri Romadlon.
Dalam proses pembangunan Sekretariat Pemkab Blitar Komisi III DPRD Kabupaten Blitar akan melakukan pengawasan secara ketat. Dimana menurut Heri hal itu dilakukan karena pembangunanya menggunakan dana APBD cukup besar. Sehingga pembangunan harus dilakukan sesuai dengan bestek.
“Salah satu kewenangan Komisi III melakukan pengawasan terhadap pembangunan proyek fisik. Tidak terkecuali pembangunan gedung sekretariat yang menyedot dana APBD cukup besar” ujarnya.
Dikatakan Heri, proses tender harus segera dilakukan jangan sampai molor. Karena APBD Kabupaten Blitar tahun 2014 sudah ditetapkan sejak akhir tahun lalu, sehingga SKPD yang membidangi harus secepatnya melakukan tender.
“Jangan sampai molor yang mengakibatkan waktu pelaksanaan pembangunan singkat,” jelasnya.
Dalam pengawasan Komisi III akan melakukan pengawasan mulai dari proses lelang sampai selesai pelaksaan proyek. Hal ini dilakukan untuk memastikan pembangunan gedung itu selesai dan kualitas bangunan bisa dipertanggung jawabkan. Komisi III siap melakukan pengawasan dengan ketat karena proyek ini akan melengkapi kepindahan Ibu Kota Kabupaten Blitar yang telah ditetapkan di Kecamatan Kanigoro.
Sementara Kepala Dinas PU Cipta Karya Pemerintah Kabupaten Blitar, Sumantri mengatakan, Surat Perintah Kerja (SPK) pengerjaan Pembangunan Kantor Sekretariat Pemkab Blitar dalam waktu dekat akan diterbitkan. Bahkan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait peletakan batu pertama oleh Bupati Blitar, H Herry Noegroho, SE, MH.
Selain itu Pemkab Blitar secara multiyears akan mengalokasikan anggaran pembangunan Pusat Ibu Kota Kabupaten Blitar di Kecamatan Kanigoro. Dimana pada tahun 2014 ini  diawali dengan pengurukan dan pemadatan lahan.
“Ini dilakukan untuk mewujudkan keinginan Pemerintah maupun warga yang ingin memiliki Pusat Ibu Kota yang berada di wilayah Kabupaten Blitar,” ujar Sumantri.
Sumantri mengatakan pembangunan Sekretariat Pemerintah Kabupaten Blitar dianggarkan Rp. 35 miliar. Pengalokasian anggaran itu sudah disepakati di tingkat Eksekutif dan Legislatif bahkan sudah disetujui Gubernur.
“Karena anggaran sudah disepakati semua pihak, saat ini tinggal pelaksanaan saja,” terangnya lagi.
Perlu diketahui pembangunan Kantor Sekretariat Pemkab Blitar di rencanakan 3 lantai di Kecamatan Kanigoro. Untuk fisiknya akan dimulai tahun 2014 dengan anggaran Rp. 35 milliar. Sedangkan kebutuhan finishing akan dilakukan pada tahun 2015 mendatang sekaligus proses peresmian dan penempatannya, dimana pembangunan Sekretariat Pemkab Blitar ini menindak lanjuti kepindahan Ibu Kota Kabupaten Blitar ke Kecamatan Kanigoro pasca Kantor DPRD Kabupaten Blitar berpindah terlebih dahulu ke Kecamatan Kanigoro. [htn]

Tags: