Desa Sumber Gondo Segera Memiliki SMA Negeri

Batu,Bhirawa
Setelah dilakukan beberapa kajian, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu akhirnya memutuskan untuk membangun gedung SMAN 3 Batu di Desa Sumber Gondo, Kecamatan Bumiaji. Hal ini sekaligus bentuk respon positif atas usulan masyarakat Kecamatan Bumiaji, agar pembangunan gedung SMAN 3 dilakukan di wilayahnya.
Untuk merealisasikan pembangunan SMAN 3 Batu, pada tahun ini Pemkot Batu segera melakukan pembebasan tanah untuk lokasi pembangunan gedung sekolah baru. Adapun proses pembangunan gedung SMAN 3 Kota Batu baru akan dilaksanakan tahun depan.
“Kita mengakomodir hasil musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tahun 2013. Masyarakat Kecamatan Bumiaji minta dibangunkan gedung SMAN 3, Kota Batu. Pembangunannya kita laksanakan tahun depan,” tegas Sekkota Batu, Widodo, Rabu (12/3).
Dalam memutuskan lokasi sekolah tersebut, katanya, pemkot telah melakukan kajian terhadap 4 lokasi sekolah yang diusulkan. Ada beberapa syarat lokasi yang harus dipenuhi sebagai bahan pertimbangan. Di antaranya, lokasi tersebut harus memiliki kemudahan terhadap akses angkutan umum.
Selain itu, lokasi sekolah yang dipilih harus mudah dijangkau oleh semua warga.Hal ini bertujuan agar bisa memberikan pemerataan terhadap pelayanan pendidikan kepada semua masyarakat. Akhirnya, diputuskan bahwa lokasi yang memenuhi syarat tersebut adalah di Desa Sumber Gondo.
Dipilihnya Desa Sumbergondo sebagai tempat pembangunan SMAN 3, Kota Batu. Karena jarak sekolah ke pemukiman warga dekat. Angkutan desa (Angkudes) juga menjangkau lokasi sekolah. Adapun luas tanah yang akan dibeli Pemkot Batu untuk gedung SMAN 3, Kota Batu diperkirakan mencapai 6.000-7.000 meter persegi.
“Jarak antara Desa Punten, Tulungrejo, Bulukerto dan Bumiaji serta Sumber Brantas dengan Desa Sumbergondo dekat. Sehingga lokasi sekolah mudah dijangkau,” tambah Widodo.
Adapun anggaran untuk pembebasan lahan di Desa Sumbergondo, diperkirakan mencapai Rp500 jutaan. Tapi Pemkot Batu akan menggandeng tim apresial/tim penaksir harga tanah yang akan dibeli Pemkot Batu. Agar tanah yang akan dibeli Pemkot Batu tidak terlalu mahal.
Dalam soal anggaran, pembangunan sekolah ini akan dibantu Dinas Pendidikan Provinsi Jatim dan pemerintah pusat. Apalagi tahun depan Pemkot Batu juga ingin mendirikan gedung SMPN 6 Kota Batu di Desa Bumiaji.
Disinggung mengenai rencana Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Batu ingin mendirikan SMKN Internasional, Widodo mengaku tidak mengetahuinya. “Periotas Pemkot Batu membangun SMAN 3 dan SMPN 6 Kota Batu dulu. Baru setelah itu direncanakan pembangunan sekolah yang lain,” jelas dia.
Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen), Dindikpora Kota Batu, Muhammad Rais menyatakan, pendirian SMAN 3, di Kecamatan Bumiaji tidak akan  mengurangi kuota siswa baru di SMAN 1 dan 2, serta di SMKN 1,2 dan 3 termasuk di  SMA dan SMK swasta di Kota Batu.
Menurutnya, setiap tahun tamatan SMP/MTs di Kota Batu yang ingin melanjutkan ke SMA/SMK di Kota Batu mencapai 1.350-1400 siswa. “Rata-rata tamatan SMP/MTs di Kota Batu mencapai 2.500-3.000 siswa. Mereka ada yang melanjutkan keluar kota, sisanya mungkin memilih tidak melanjutkan sekolah,” ungkap Rais.
Ditambahkan, untuk saat ini di wilayah Kecamatan Bumiaji hanya berdiri SMPN 4, 5 dan 6 serta SMKN 2, Kota Batu. Atas dasar itu, masyarakat Kecamatan Bumiaji mengusulkan kepada pemerintah untuk dibangunkan gedung SMAN 3 Kota Batu. [nas]

Tags: