PU Bina Marga Terus Perkecil Kerusakan Jalan

Sidoarjo, Bhirawa
Guna memperkecil kondisi jembatan dan jalan-jalan yang telah rusak. Tiap tahun, Dinas PU Bina Marga terus melakukan pekerjaan atau pembangunan secara rutin dan merata. Jumlah perbaikannya terus mengalami volume peningkatan yang signifikan.
Data yang tercantum di dalam RUP (Rencana Umum Pengadaan) barang/jasa Bina Marga tahun 2013, menurut Kepala Dinas PU Bina Marga, Ir Sigit Setyawan, Senin (10/2), pekerjaan/pembangunnya sangat merata dan meningkat keseluruh wilayah 18 kecamatan.
Untuk tahun 2014 ini semuanya meningkat, baik itu pekerjaan pembangunan jalan yang tahun lalu sebanyak 21 lokasi menjadi 71 lokasi. Pemangunan jembatan semula 13  lokasi sekarang menjadi 47 lokasi. Pemeliharaan jalan 9 lokasi menjadi 15 lokasi. ‘’Bagitu juga untuk peningkatan jalan sekitar 76 lokasi menjadi 139 lokasi,’’ katanya.
Sedangkan kondisi capaian kinerja PU Bina Marga yang sudah berhasil memperkecil area jalan yang rusak tak pernah terlihat oleh masyarakat. Kondisi jalan wilayah Sidoarjo yang rusak tahun 2011 sepanjang 142,22 km.  Di tahun 2012 kami telah berhasil memperkecil menjadi 85,47 km.
Artinya kami telah berhasil memperbaikan jalan-jalan yang rusak itu sepanjang 56,75 km. Sedangkan kondisi jalan yang sudah bagus mencapai sekitar 824,96 km, dari total keseluruhan jalan aspal yang ada sepanjang 942,38 km. Sementara perkembangan hasil capaian perbaikan tahun 2013 masih dalam proses pendataan.
Perlu diketahui oleh masyarakat, kondisi rusaknya jalan itu banyak faktor yang mempengaruhi. Selain truk-truk yang melebihi tonase, saat melintas tanpa memperhitungkan kekuatan jalan, termasuk juga genangan air atau banjir. Banjir itu, selain mengganggu penguna jalan juga sangat merusak aspal.
‘’Jadi saya berharap kepada masyarakat untuk ikut membantu program-program pemerintah, diantaranya menciptakan kondisi lingkungan agar tidak terjadi genangan/banjir,’’ harap Sigit Setyawan. [ach]