Pramono Edhie Tak Dicekal AS

Surabaya, Bhirawa
Pernyataan adik dari mantan Danjen Kopasus, Prabowo Subianto,  Hasjim Djojohadikusuma  yang menyebutkan tujuh jendral tidak diizinkan menyentuh tanah Amerika.Serikat, langsung mendapat tanggapan dari peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat.
Pramono Edhie Wibowo, salah satu kandidat di Konvensi Partai Demokrat, menyatakan bahwa hal tersebut adalah tidak benar dan dirinya tidak pernah dicekal oleh Pemerintah Amerika Serikat seperti yang dituduhkan Hasjim.
Ditambahkan Edhie  yang juga mantan KSAD ini,bahwa dirinya perlu untuk meluruskan beberapa hal dan menggunakan hak jawab demi memberikan informasi yang benar sehingga tidak menyesatkan masyarakat.
“Selain pernah menjalani pendidikan special forces di Amerika Serikat pada tahun 1985, 1986 dan 1998, di tahun 2012 yang silam, kembali saya mengunjungi Amerika Serikat, tepatnya di Pangkalan Komando Militer Amerika Serikat-US Asia Pacific Command (USPACOM) di Hawai dalam kapasitas saya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat,” jelas Edhie?
Pada tanggal 6 Februari 2014 yang baru lalu, lanjut pria pria murah senyum ini diundang untuk menghadiri sebuah undangan Presiden Obama untuk sebuah acara tahunan makan bersama yang diinisiasi oleh Dewan Kongres Amerika Serikat.
Pada acara tersebut, kata Edhie, 140 pemimpin dunia lainya turut hadir di dalamnya. “Sayang sekali undangan ini tidak bisa saya penuhi terkait dengan jadwal persiapan Debat Bernegara Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat di Bandung, Jawa Barat. Undangan tersebut dilayangkan kepada saya oleh Senator Louie Gohmert dan Janice Hahn tertanggal 8 Januari 2014,” jelas Edhie.?
Lebih lanjut Edhie menyatakan bahwa dirinya selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara.
“Saya tidak ditolak, seandainya pun terjadi saya ditolak untuk mengunjungi sebuah negara tertentu, hal tersebut tidak akan membuat saya gentar ataupun khawatir sedikitpun. Bangsa Indonesia bukan bangsa kelas 2, bukan bangsa penakut! Saya akan hadapi itu semua karena semangat saya tidak akan pernah surut dalam membangun bangsa indonesia menjadi lebih baik dan mewujudkan indonesia yang sejahtera rakyatnya. Pramono Edhie Wibowo tidak pernah gentar hanya karena penolakan sebuah negara,” tegas Edhie.
Menurutnya “Indonesia adalah negara besar yang berdaulat dan bermartabat. Seharusnya semua negara bisa saling bersahabat di era sekarang ini, tegasnya.
Sementara sehubungan dengan pernyataan Hasjim mengenai tujuh Jendral yang di larang masuk ke Amerika Serikat, Edhie menyatakan bahwa sebaiknya seseorang menyampaikan informasi berdasarkan fakta.
“Menuduh seseorang bahwa seseorang dinyatakan oleh negara lain melakukan pelanggaran HAM, adalah pelanggaran ham itu sendiri,” tegas Edhie.?
Diakhir pernyataanya Edhie menyatakan bahwa dirinya bersedia untuk dikonfirmasi mengenai beberapa kali kunjungannya ke Amerika Serikat ini.? [cty]

Rate this article!