Polres Larang Massa Gunakan Kendaraan Terbuka

Lumajang, Bhirawa
Polres Lumajang nampaknya bakal melarang penggunaan kendaraan terbuka antara lain truk dan sejenisnya sebagai kendaraan untuk pengerahan masaa dalam Pemilu 2014 yang rencananya mulai  bulan April 2014 mendatang. Ini tercermin dalam simulasi pengamanan Pemilu dalam rangka Operasi Mantab Brata 2014 yang berlangsung kemarin di alun-alun Lumajang.
Dalam simulasi ini diawali dengan peragaan sebuah truk terbuka yang berisi penuh massa kampanye melintas di jalanan. Massa terus meneriakkan yel-yel kampanye dan bahkan ada yang naik ke atas bodi bak belakang truk.
Hal inilah yang dinilai berbahaya oleh petugas Satlantas hingga dilakukan penghadangan. Saat itu sopir diminta turun dan petugas mengimbau untuk menurunkan penumpangnya. Namun, penumpang tetap ngotot tidak mau turun hingga sempat terjadi protes.
AKBP Singgamata Kapolres Lumajang mengatakan, tindakan ini dilakukan karena penggunaan truk terbuka sangat berbahaya ketika digunakan mengangkut penumpang manusia. Demikian pula dengan arak-arakan motor yang tidak mematuhi disiplin lalu-lintas juga dinilai mengganggu pengendara lainnya dan membahayakan jika tidak menggunakan helm. “Untuk itu, diperagakan kondisi-kondisi yang sangat mungkin terjadi di lapangan dalam simulasi ini,” jelas Kapolres Lumajang AKBP Singgamata. [yat]

Tags: