Polres Bojonegoro Gelar Simulasi Sispamkota

Bojonegoro, Bhirawa
Menjelang pelaksanaan pemilu 2014, Kepolisian Resor (Polres) Bojonegoro, Kamis (27/2) menggelar latihan simulasi sispamkota untuk pengamanan pemilu.Kegiatan tersebut untuk mengantisipasi adanya kerusuhan dalam pesta lima tahunan tersebut.
Latihan gabungan simulasi pengamanan Pemilu 2014 dengan melibatkan 600 personel, mulai polres, Brimob Polda Jatim Satpol PP, dan jajaran terkait lainnya. Seluruh personil kepolisian ikut dalam simulasi tersebut. Berbagai peran diperagakan, termasuk anggota Jibom Brimob, anti huruhara, dalmas, Polwan dan personel lainnya. Simulasi juga melibatkan anggota Kodim, Satpol PP dan instansi lainnya.
Kapolres Bojonegoro, AKBP Ady Wibowo mengatakan, simulasi sispamkota ini dalam rangka latpraops matab brata 2014 Polres Bojonegoro, untuk melatih anggota dalam meredam konflik saat pelaksaan pemilu. “Kegaitan simulasi dilakukan mulai tahapan kampanye, pencoblosan, sampai pelantikan calon legislatif (caleg),” jelas Kapolres Bojonegoro di sela-sela kegiatan simulasi dialun-alun Bojonegoro.
Dikatakan, sesuai karakteristiknya, menurut dia, setiap tahapan Pemilu 2014 memiliki kerawanan mulai memasuki masa kampanye, pencoblosan, juga pelantikan caleg. Setiap tahapan selalu terjadi kondisi yang mengancam keamanan, sehingga membutuhkan penanganan petugas. “Oleh karena itu, hambatan ada di setiap tahapan Pemilu 2014 yaitu aksi terorisme, unjuk rasa dan protes lainnya yang membutuhkan penanganan petugas keamanan,” terangnya.
Selain itu, katanya, pelaksanaan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) juga terjadi kecurangan yaitu didatangi orang gila dan diketahui ada satu pemilih yang mencoblos dua kali. Situasi pengamanan lainnya yaitu munculnya protes masyarakat yang tidak puas dengan hasil perhitungan suara yang meminta dilakukan perhitungan suara ulang yang memicu kerusuhan, sehingga semua petugas keamanan harus turun mengamankan.
Dalam simulasi tersebut juga hadir dari Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), Kapolres Bojonegoro AKBP Ady Wibowo, Wakil Bupati Setyo Hartono, Kepala Kajari Tugas Utoto, Komandan Kodim Letkol Parwito, Wakil DPRD Bojonegoro Syukur Priyanto dan ketua FKUB KH. Alamul Huda.
Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, ketua KPUD Mundzar Fahman dan ketua Bawaslu Bojonegoro Mustofirin. Selain itu juga dihadiri kapolsek jajaran dan seluruh undangan dan stekholder lainnya. Dalam simulasi tersebut juga seperti dalam pelaksanaan pemilu sebenarnya. Ada TPS, KPU, Bawaslu, Bank, Stasiun maupun terminal, PPS dan juga PPK. [bas]

Tags: