PHRI Imbau Pemerintah Permudah Izin IPAL

Surabaya, Bhirawa
Masih banyaknya hotel kelas melati di Surabaya yang tidak memiliki Instalasi Penjernihan Air Limbah (IPAL) secara layak, membuat  Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jatim berharap pemerintah tidak mempersulit tapi juga tidak mempermudah pengurusan IPAL.
“Bagi hotel-hotel besar sudah pasti memiliki IPAL yang dulu sederhana kini sudah ditingkatkan secara elektronik dengan menggunakan mesin, akan tetapi bagi hotel-hotel kecil masih ada juga yang belum memiliki IPAL karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit,” ungkap Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jatim M Soleh, Kamis (27/2).
M Soleh juga berharap pemerintah tidak mempermudah maupun mempersulit pengurusan izin IPAL, yang dalam arti mempermudah yakni apabila administrasi bangunan hotel belum lengkap agar tidak diberi izin sedangkan administrasi yang sudah lengkap agar tidak dipersulit.
Kendala lain hotel kecil belum memiliki IPAL disebabkan biaya konsultan yang sangat mahal. “Sebenarnya tidak ada aturan menggunakan jasa konsultan akan tetapi kalau tidak menggunakan jasa konsultan meskipun administrasi lengkap tetap dikembalikan oleh dinas terkait, sedangkan kalau menggunakan jasa konsultan administrasi sudah tidak dikembalikan lagi ke pemilik hotel,” ujarnya.
Karena dibeberapa hotel yang berada di daerah banyak mengalami kesulitan yang sama saat mengurus izin IPAL salah satunya adalah harus menggunakan jasa konsultan. Sehingga PHRI berharap agar pemerintah lebih selektif dalam proses memberikan izin memiliki IPAL karena izin tersebut merupakan salah satu syarat untuk mendirikan hotel.
PHRI tetap mendorong hotel yang belum memiliki IPAL untuk tetap mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah dan kedepan semua hotel diharuskan sudah memiliki IPAL. “Kami akan selalu mendukung pemerintah untuk tetap menjaga kualitas lingkungan dengan mengimbau ke seluruh perhotelan di Jatim segera memiliki IPAL yang layak,” katanya. [riq]

Teks:
PHRI Jatim berharap agar hotel kelas melati di Surabaya segera mengurus izin IPAL. ist

Tags: