Hutan Bambu Kembangkan Belasan Varitas


Lumajang, Bhirawa

Bambu merupakan salah satu tanaman yang sangat populer. Salah satunya karena banyak kegunaannya. Namun tidak semua elemen masyarakat turut mengembangkannya. Di Hutan Bambu desa Sumber Mujur kec Candipuro Kabupaten Lumajang justru beragam jenis dan varites bambu dikembangkan.
Saat ini saja sudah 21 jenis bambu yang dibudidayakan. Antara lain, Apus, Ori, Petung Hitam, Petung Hijau, Jajang, Ampel Hijau, Ampel Kuning, Rampal Hijau, Rampal Kuning maupun Nakin. ”Varietas yang saat ini ada akan terus dibudidayakan, akan ditambah,” kata Gunawan alias Ginsong, salah seorang pengelola Hutan Bambu desa Sumber Mujur.
Bahkan, di antara jenis bambu yang saat ini ada, Ginsong menyebutkan ada yang merupakan langka di dunia. Yakni Petung Hitam yang merupakan jenis bambu paling sulit ditemukan.  Menurut  Ginsong,  beberapa jenis Bambu adanya hanya di kawasan hutan Gunung Semeru dan di Amarika Selatan saja.
”Untuk itu, kelestarian dan konservasi tanaman bambu yang ada di sini perlu dijaga dan budidayakan. Agar jangan sampai jenis-jenis bambu ini punah begitu saja,” paparnya.
Karena itu lanjut Ginsong, lahan hutan bambu yang dikelolanya bersama masyarakat Desa Sumbermujur, merupakan hutan konservasi. “Silakan jika ada yang mau melakukan penelitian untuk datang,” ajaknya. [yat.hel]