Bupati Tinjau Sungai Minggung

Probolinggo, Bhirawa
Pasca banjir bandang yang terjadi pada pekan terakhir di Desa Dandan, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, membuat masyarkat setempat mengalami keresahan atas kejadian tersebut. Pasalnya, dua dusun di dua Desa yakni dusun kelompangan Desa Kali Dandan, dan Dusun kali Biru Desa Blimbing sempat mengalami gangguan jalan yang mereka gunakan sehari-hari, akibat jalan tersebut tergerus air dengan debit tingi.
Karenanya, Bupati Tantri meninjau kelokasi untuk mengetahui kondisi sungai yang diterjang banjir bandang Jumat (7/2). Akibat banjir itu, sungai minggung melebar ke sisi sebelah barat dan sisi timur. Dari kejadian itu lahan budidaya dan sawah milik warga setempat terbawa arus air saat banjir menerjang kawasan sungai tersebut.
Pada kesempatan itu, Bupati melihat langsung saluran air sungai Mingung Desa Dandan yang  masuk ke kejalan umum warga dengan lebar yang cukup luas. Usai melihat lokasi tersebut bupati mengintruksikan agar BPBD berkoordinasi dengan Dinas PU untuk membuat beberapa pintu keluar air meski masih bersifat sementara. Sebab, ditakuti dalam waktu dekat ini air kembali datang dengan debit di atas level standart.
Bupati Tantri didampingi sejumlah SKPD Kabupaten Probolinggo, serta dinas terkait Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten setempat,  Rabu (12/2) Bupati berharap kepada masyarakat, untuk selalu berdoa agar musibah yang kerap terjadi setiap tahun disungai tersebut tidak lagi berulang pada tahun yang akan datang. “Dalam waktu dekat Pemerintah Daerah akan segera membangun jembatan dan jalan yang efektif. Sehingga begitu selesai dibangun jembatan tersebut tidak hanyut lagi sehingga aktivitas warga bisa kembali normal,” ungkap Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE. [wap]

Rate this article!