20 Lembaga Pendidikan Ikuti Festival EITT

Wabup Timbul memberi motifasi kepada para siswa tentang sampah.

Probolinggo, Bhirawa
Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional dan menyukseskan Program Pengelolaan Sampah Kabupaten Probolinggo, Pemkab Probolinggo bekerjasama dengan PT. POMI Paiton Energy, FKPS dan BTPN mengelar acara Festival Ecobrick Indonesia Transcending Trash, di Obyek Wisata Bentar, Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo.
Kegiatan yang dimulai pukul 07:00 WIB itu dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, hadir pula Asisten Administrasi Umum Ir. Anung Widiarto, Manager PT. POMI Bambang Diwantoro, Kepala DLH yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Sentot Triadi Sugiharto, Ketua FKPS dr. Mirrah Samiyah dan pelajar dari 20 lembaga pendidikan se Kabupaten Probolinggo.
Festival Ecobrick Indonesia Transcending Trash yang didukung oleh BTPN dan PT. POMI Paiton Energy dan FKPS dibuka secara resmi oleh Wabup Timbul Prihanjoko. Secara simbolis ditandai dengan pemberian stik Ecobrick dilanjutkan dengan pengambilan botol dan plastik kemasan untuk pelaksanaan ekobrick. Separuh proses ekobrik diserahkan kepada anak anak sekolah untuk dilanjutkannya.
Ecobrick Indonesia Transcending Trash adalah sebuah perjalanan dalam gerakan sosial dan gerakan kreatif yang menjadikan indonesia bersih dan hijau. Kegiatan Ecobrick itu sendiri merupakan sebuah solusi untuk pemanfaatan kembali sampah plastik yang tidak dapat didaur ulang. Dari momentum ini mengambil makna “Dari Polusi berubah menjadi Solusi” sebagaimana yang tertera pada seragam Ecobrick.
Wabup Timbul Prihanjoko, Minggu 17/3 menegaskan bahwa Gerakan Ecobrick ini bukanlah hanya gerakan seremionial saja, akan harus harus dilanjutkan dengan gerakan-gerakan kreatif. Oleh karena itu, Ini sebuah solusi karena tanggung jawab moral bagi kita semua.
Kepedulian lingkungan dimulai sedini mungkin untuk mengantisipasi adanya polusi bagi lingkungan sekitar dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Sampah plastik menjadi sebuah permasalahan dan harus kita atasi bersama. “Semoga momentum ini menjadi sebuah kesadaran, meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sampah dan mengelola sampah dengan baik,” ungkap Wabup Timbul.
Kepala Bidang Pengelolaan Sampah pada DLH Sentot Triadi Sugiharto menjelaskan Festival Ecobrick Indonesia Transcending Trash ini sangat bermanfaat dan menciptakan anak-anak yang kreatif dalam hal pemanfaatan sampah plastik yang tidak dapat didaur ulang. Dimana, acara Festival Ecobrick serangkaian dari Hari Peduli Sampah Nasional di Kabupaten Probolinggo tahun 2019.
Membangun kesadaran bersama dalam hal kebersihan lingkungan melalui pengelolaan sampah, mendorong budaya bersih dan produktif, serta meningkatkan peran aktif dalam pengelolaan sampah, mengedukasi tentang permasalahan dan memberikan solusi terhadap sampah plastik,” tambahnya. [wap]

Tags: