160 Atlet Berebut 80 Tiket PON Pra PON Selam 2019

Peselam dari 15 provinsi yang berlaga di Pra PON yang digelar di Kolam Renang Saygon Kabupaten Pasuruan.

Pasuruan, Bhirawa
Sebanyak 190 atlet dari 15 provinsi turun di ajang Prakualifikasi PON yang digelar di Kolam Renang Saygon Purwosari Pasuruan Jatim 26-27 Oktober. Meraka akan bersaing untuk berebut 80 tiket berlaga di PON Papua 2020.
Pada Pra PON selam nomor kolam ini melombakan 20 nomor putra putri yakni, untuk surface dengan jarak 50M, 100M, 200M, 400M dan 800M. Sedangkan Bifin 50M, 100M, 200M dan. 4X100M. Untuk apnea 50m.
Sedangkan 15 Pengprov Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) yang mengirimkan peselam ke Pra PON yakni, Bali, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, Kaltim, Riau, Sulsel, Sulut, Sulteng, Sumsel, Sumbar dab Papuan Barat.
Dalam sambutannya Pembina PB POSSI Laksamana Muda TNI AL Dr Amarullah Octavian ST, MSC, DESD mengatan, salah satu visi Presiden RI Joko Widodo adalah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.
Agar visi itu bisa terwujud maka salah satu caranya adalah mendorong masyarakat mengenal budaya maritim dan sekaligus kembali sebagai bangsa maritim.
“Untuk menjadi bangsa maritim kita harus cinta laut dan olahraga selam menjadi salah satu sarananya,” katanya saat membuka Pra PON Selam, Sabtu (26/10)
Ia juga berharap atlet selam bisa meraih prestasi internasional. “Atlet selam harus mampu meraih prestasi dunia,” tegasnya.
Pada kesempatan itu ia juga meminta agar semua pihak mendukung Papua agar bisa mensukseskan PON 2020. “Kita harus menunjukkan kepada dunia bahwa Papua mampu menggelar PON,” katanya.
Sementara Kepala Pelatih Selam Jatim Nurul Anshori mengatakan Jatim menurunkan sekitar 20 atlet di Pra PON untuk kolam. “Saya berharap para atlet Jatim bisa meraih prestasi terbaik,” katanya. [wwn.hil]

Tags: