14 MI Kota Batu Berebut Tiket Porseni Provinsi

Suasana pembukaan Porseni MI Kota Batu 2019 yang dilaksanakan di MI Nurul Iman, Rabu (4/9).

Kota Batu, Bhirawa
Sekitar 336 siswa dari 14 Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kota Batu bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam Pekan Olahraga dan Seni Madrasah Ibtidaiyah (Porseni MI) yang dilaksanakan di MI Nurul Iman Kota Batu mulai Rabu (4/9) selama 3 hari. Mereka memperebutkan tiket untuk mengikuti Porseni MI tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan di Lumajang.
Porseni MI Kota Batu dibuka langsung Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batu, M Nawawi, kemarin. Nawawi mengapresiasi atas terselenggaranya Porseni MI 2019 ini. Ia berharap giat ini bisa melahirkan bibit atlet serta pelaku seni yang handal dan berkualitas. “Kegiatan ini melatih mental dan ajang prestasi siswa, mari kita bentuk karakter siswa yang jujur, beriman dan bertaqwa lewat ajang seni dan Olahraga ini,” ujar Nawawi, Rabu (4/9).
Ditambahkan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Kota Batu, Suparsi,S.Pd selain untuk mencari bibit atlet dan seni dari MI, giat olah raga dan seni 2 tahunan ini juga dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi antar Madrasah di Kota Batu.
“Dan tahun ini Porseni MI Kota Batu kita pusatkan di MI Nurul Iman. Porseni ini sekaligus kita selenggarakan untuk seleksi atlet dan seni siswa Kota Batu dalam ajang Porseni tingkat Provinsi Jatim yang akan dilaksanakan di Lumajang pada 24 hingga 25 September 2019 mendatang,” jelas Suparsi.
Ada 12 cabang yang akan dipertandingkan dalam Porseni ini. Yaitu, Cabang Seni Putra dan Putri yang terdiri dari MTQ, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Kaligrafi, Tahfidz, Melukis dan Puisi. Sementara Cabang Olahraga Putra dan Putri yang dipertandingkan antara lain Bulutangkis, Tenis Meja, Lari 80/60 meter, Catur dan Lari Marathon.
Pembukaan Porseni MI kemarin diawali dengan parade drum band dan parade kontingen masing-masing Madrasah. Suasana semarak sangat terasa mulai dari simpang empat Sekar Putih Pendem, hingga depan MI Nurul Iman. “Adapun penutupan kegiatan akan kita laksanakan di MI As Salam yang ada di Desa Beji,” ujarnya.
Diketahui, dalam ajang Porseni MI sebelumnya yang tampil sebagai Juara Umum adalah MI Bustanul Ulum Dusun Srebet, Desa Pesanggrahan. Namun persaingan tahun ini akan semakin ketat karena masing-masing MI telah mempersiapkan para atlet dan senimannya dengan baik.
Salah satu pesaing akan datang dari MI Darul Ulum. Di Porseni kali ini mereka membidik bisa memperoleh emas di cabang MTQ, tahfidz, pidato, catur, tenis meja, bulu tangkis, melukis, kaligrafi, puisi dan lari.
“Setidaknya 3 medali emas bisa kita bawa pulang dalam Porseni MI kali ini,”ujar Kepala MI Darul Ulum, Ulul Azmi,S.Ag. [nas]

Tags: